Apakah menyalakan sepuluh Kipas Angin bisa mendinginkan kamar?

Apakah menyalakan sepuluh Kipas Angin bisa mendinginkan kamar?

Dzargonphysics. Pada suatu hari panas dan matahari sedang terik-teriknya, biasanya kita akan mengipas-ngipaskan sesuatu dan secara ajaib perasaan kita menjadi dingin meskipun tidak berapa lama. Setelah teknologi terbaru ciptaan manusia yang disebut kipas angin ditemukan, manusia tidak perlu lagi menggerakkan tangannya cukup lama, hanya perlu satu tombol anginpun bertiup.

Apakah yang terjadi ketika angin bergerak? mengapa kita merasa dingin ketika ada nagin bertiup, apakah kipas angin dapat menurunkan suhu udara dengan cepat? saya jadi memiliki ide untuk menyalakan 10 kipas angin sekaligus, mungkin saja ada penguin yang bertamu ke rumah karena mengira rumah ku adalah kutub utara.


Alih-alih suhu ruangan menjadi, malah tagihan listrik anda membengkak. Kipas angin sedikitpun tidak menurunkan suhu. bahkan pada kondisi tertentu berdasarkan teori termodinamika, udara partikel yang bergerak dan saling bergesekan akan mengakibatkan pertambahan suhu, meskipun sangat kecil untuk diamati oleh manusia.

Hukum II Temodinamika menunjukkan bahwa kalor akan berpindah secara spontan dari tempat dengan keadaan kalor berlebih yang di indikasikan dengan suhu tinggi ke tempat dengan suhu yang lebih rendah. Selain cara ini, dibutuhkan usaha untuk memindahkan kalor dari tempat dengan suhu rendah ke tempat yang bersuhu lebih tinggi. Alat ini juga sudah dutemukan oleh fisikawan yang lebih dikenal dengan istilah refrigerator atau kulkas dan AC.
Cara mendinginkan ruangan dengan kipas mungkin sudah kuno dan tidak lagi digunakan saat ini, jika anda punya cukup uang untuk membeli Air conditioner atau pendingin ruangan. Jika ini terlalu mahal, membeli beberapa bongkahan es seukuran lemari jauh lebih mendinginkan bahkan membasahi kamar anda jika anda benar-benar nekat.

Mengapa Kipas Angin membuat kita merasa dingin minimal sejuk?

Harus saya tekankan bahwa kipas sama sekali tidak menurunkan suhu. Manusia normal akan selalu melakukan metabolisme setiap saat, hasil dari metabolisme menghasilkan kalor dan menguapkan air dalam tubuh yang disebut dengan keringat.
Angin bergerak akan menyapu keringat lebih cepat sehingga sensasi dingin terasa di kulit. Ketika keringat berubah menjadi uap, hal membawa sebagian kecil kalor yang kita miliki. Hal ini yang membuat kulit kita merasakan sensasi dingin namun akan segera hilang begitu kipas angin berhenti berputar.

0 Response to "Apakah menyalakan sepuluh Kipas Angin bisa mendinginkan kamar?"

Post a Comment