Mengapa Nyala Api Berwarna Biru dan yang Lainnya Merah atau Jingga?

Mengapa Nyala Api Berwarna Biru dan yang Lainnya Merah atau Jingga?

dzargonphysics.blogspot.com. Mengapa nyala api berwarna biru dan yang lainnya berwarna merah atau jingga? Sebelum menjawab itu mari kita tengok warna nyala apai yang memungkinkan muncul pada saat proses pembakaran. Nyala api merah biasanya muncul pada pembakaran kayu api unggun pada saat kita kamping, Nyala api jingga biasanya atau orange pada nyala api lilin untuk menerangi hati kita yang suram pada saat listrik padam sedang nyala api biru biasanya muncul pada kompor gas yang di dapur kita.



Tidak seperti pelangi yang warnanya indah, Nyala api yang bermacam macam ini tentu bukanlah sebuah kebetulan atau untuk perhatian anda sehingga tidak sadar menjejalkan tangan ke api untuk mengetahui perbedaan antara warna api biru dan dan yang lainnya. 

"Jangan sedikitpun terkecoh dengan warna api yang indah
baik merah maupun biru, keduanya sama panasnya bagi tangan,
meskpun anda sangat menyukai salahsatu dari kedua warna tersebut"

Warna api adalah radiasi yang dikeluarkan oleh proses oksidasi yang terjadi berlangsung cepat pada saat proses pembakaran. Warna yang muncul mewakili jumlah energi yang terjadi. Fungsi energi menurut Wein secara sederhana dapat dijelaskan radiasi dengan frekuensi tinggi mewakilkan tingkatan energi yang tinggi pula. Sehingga warna api biru akan memberikan energi panas yang jauh lebih banyak dibanding dengan nyala api unggun yang berwarna merah. Nyala api berwarna merah menunjukkan reaksi oksidasi yang lebih lambat dibandingkan dengan warna biru sehingga energi yang dihasilkan juga lebih sedikit. 

Ini adalah alasan yang baik mengapa api unggun berwarna merah, karena kita hanya membutuhkan kehangatan dari api unggung yang kita buat. Bisa dibayangkan jika warna apinya biru. ini berarti anda tidak sedang membuat api unggung melainkan sedang berencana merebus sesuatu dengan menggunakan kompor. lagi pula sangat tidak mengasikkan membawa kompor ke alam perkemahan, selain dapat merusak suasana alam juga sangat berat untuk dipindah tempatkan. tentunya ini juga menjadi alasan untuk nyala api yang berwarna biru tentunya akan sangat membantu ibu kita memasak makanan agar lebih cepat dihidangkan.



0 Response to "Mengapa Nyala Api Berwarna Biru dan yang Lainnya Merah atau Jingga?"

Post a Comment