Apasih yang dimaksud dengan Lubang Hitam?

Apa sih yang dimaksud dengan Lubang Hitam?

dzargonphysics.blogspot.com. Apasih yang dengan lubang hitam atau Black Hole? Black hole adalah sebuah benda yang memiliki gravitasi maha dahsyat yang menarik hampir semua yang berada disekitarnya. Tidak hanya cahaya bahkan ruang dan waktu pun juga ikut berubah disekitar black hole. Jadi jangan sekali-kali memiliki rencana untuk berlibur didalamnya. Sekali orang tertarik dalam lobang hitam, maka tidak akan ditemukan jalan untuk keluar.

Ruang angkasa atau yang dikenal dengan istilah jagat raya atau juga universe sangatlah luas. Jika kita berfikir bahwa matahari yang kita miliki sudah cukup besar untuk memanggang kita pada siang hari terik, terntayata hanya salah satu dari millyaran sistem tata surya yang berada pada daerah pinggir galaksi bima sakti. Bima Sakti sendiri sangat pada bagian tengah dengan perbadingan yang cukup besar antara bagian pinggir dan bagian tengah galaksi. Tidak cukup sampai disini, Galaksi kita hanya satu dibandingkan Millayaran Galaksi yang telah diamatai oleh Stasiun ruang angkasa hubel. Jadi jangan berpikiran terlalu sempit mengenai jagat raya.

"Mungkin saja pena dan kaos kaki yang tidak pernah anda temukan, 
hilang dilubang hitam, jadi anda tidak perlu lagi orang lagi 
untuk bertanggung atas kecerobohan  yang and buat sendiri.

Dijagat raya yang maha luas ini terdiri dari beratus trilliun bintang bahkan belum ada kepastian kapan angka mendekati ujungnya. Salah satu dari benda langit yang sangat jauh letanya dari bumi adalah Lubang Hitam. Lubang hitam hitam terbuat adalah benda langit yang sangat pada dengan massa yang sangat besar dan gravitasi yang sangat besar pula. Lubang hitam biasanya adalah bintang raksasa yang telah runtuh secara atomic. Keruntuhan secara atomik membuat matahari atau bintang raksasa ini menemui ajalnya dan memadat. Padatan ini selanjutnya membuat gaya gravitasi dari benda membesar dan sangat kuat.

Kekuatan gravitasi yang dimiliki lubang hitam sangatlah kuat hingga cahaya yang lewat disekitar lubang hitam dapat dilekungkang jalurnya. jika cahaya yang melintas cukup dekat maka cahaya tersebut akan masuk menuju lubang hitam dan tak bisa keluar lagi disana. Nama Lubang hitam sendiri diambil dari sifatnya yang tidak meradiasikan sedikitpun gelombang sehingga tidak ada apapun yang bisa diamati dari benda ini. 

Selain dari daya tarik yang kuat dan tidak mengizinkan apapun keluar dari dalamnya. lubang hitam juga bersifat merusak kuantitas waktu. Dalam teorinya grand design, Stephen hawking menjelaskan keterikatan antara perubahan kuantitas dari ruang dan waktu pada daerah sekitar gravitasi yang sangat kuat ini. Jika sebuah jam dijatuhkan dalam sebuah lubang hitam semakin dekat ja tersebut dengan sumber gravitasi membuat jam tersebut berdetak dengan lambat, dan semakin dekat akan semakin lambat. Pada batas yang ekstrim jam tersebut akan berhenti bergerak. Pergerakan jam ini berhenti bukan karena rusak, melainkan waktu tidak akan eksis di daerah lubang hitam. 


Hal ini tentunya akan sulit dimengerti jika kita beranggapan waktu itu adalah sesuatu yang selalu bergerak maju. Waktu sebenarnya adalah selang waktu yang dibutuhkan untuk sebuah atom bergetar sekian kali, seumpamanya cesium membutuhkan waktu sekita 130 Milliyar kali berdetak dalam keadaan biasa adalah satu detik untuk atom cesium, maka dalam medan gravitasi yang sangat kuat getaran atom cesium akan melambat dan pada akhirnya berhenti. Pada saat atom berhenti, maka tidak akan membentuk jumlah getaran yang dibutuhkan untuk membentuk 130 milliyar kali getaran. dengan kata lain waktu tidak eksis pada daerah lubang hitam. Lihat sisi positifnya, anda tidak akan pernah telat waktu juga berada didalamnya. 

0 Response to "Apasih yang dimaksud dengan Lubang Hitam?"

Post a Comment