Radiasi Benda Hitam

Radiasi Benda Hitam

dzargonphysics.blogspot.com. Pada masa kejayaan fisika klasik, orang orang berpendapat bahwa segala sesuatunya telah ditemukan oleh hukum hukum dasar fisika. Mekanika klasik yang dikemukakan oleh max Newton telah berhasil menjelaskan cakupan gerak secara keseluruhan. Kemudian Hukum gerak ini dikemabngkan oleh Lagrange dan Hamilton juga telah sukse menjelaskan mengenai gerak dinamis benda-benda dengan skala macroscopic. Sama hanlnya dengan teori gelombang cahaya yang dikembang oleh A.J. Fresnel, teori gelombang electromagnet oleh J.C Maxwel dan teori emisi gelombang oleh Hertz dianggap telah mencakup Hukum Fisika secara keseluruhan. 

Kegagalan Fisika klasik akhirnya muncul pada awal abad ke 20 terutama ketika spektrum radiasi benda hitam mulai dikaji. Fisika kalsik gagal menjelaskan bahwa Radiasi benda hitam tidak diemisikan secara kontinyu sesuai dengan teori gelombang klasik. Hal ini menunjukkan paradigma mengenai gelombang itu sendiri. akan tetapi masih sangat sulit untuk diterima pada masa itu.

Benda hitam Ideal adalah sebuah benda yang mampu menyerap atau mengemisikan seluruh radiasi electromagnetic yang dimilikinya. Berdasarkan hukum termodinamika, distribusi rapat energi terhadap panjang gelombang hanya bergantung pada temperature dan tidak pada jenis bahan jenis benda hitam. Rapat radiasi dapat ditunjukkan pada kurva berikut:


Menurut Stefan, Energi yang dipancarkan sebuah radiasi  akan dipancarkan sebanding dengan Pangkat empat Temperature dari benda. Kemudian hukum pergeseran Wein rapay radiasi maximum berbanding terbalik dengan temparature atau 1/T.  Jika persamaan ini selanjutnya dikuti memang benar dapat menjelaskan radiasi energi dengan tingkat energi renda akan tetapi gagal menjelaskan untuk masalah gelombang ungu atau Ultraviolet. Menurut hukum pergeseran Wein, Radiasi dipancarkan oleh gelombang dengan frekuensi terbesar sanagtlah besar hingga mampu membakar hampir semua yang terpapar dihadapannya atau benca Ultraviolet. akan tetapi faktanya tidak satupun dari kita mati pada saat menonton Televisi yang memancarkan gelombang warna Ungu.

Max Plank menemukan hal lain dari radiasi benda benda hitam. Planck mengamsumsikan bahwa benda hitam adalah sebuah kumpulan osilator dengan frekuensi v yang hanya bisa memiliki energi nhv, dimana n adalah 0,1,2 dan seterusnya. Gagasan ini memunculkan bahwa energi tidak diemesikan dalam bentuk kontinyu melainkan diskrit karena terkuantisasi. Selanjutnya ini disebut paket paket energi yang merupakan ide utama pendorong gagasan fisika modern. Bahwa sifat unuik dan baru dari gelombang ini yang tidak kontinyu melainkan dalm bentuk kuanta.




0 Response to "Radiasi Benda Hitam"

Post a Comment