Hukum Newton I dan Pengantar Gerak

Hukum Newton I dan Pengantar Gerak

dzargonphysics.blogspot.com. Hukum newton tidak lagi bisa dipungkiri keberlakuan dan keberadaan nya pada kehidupan manusia sehari hari tentang gerak. Fakta yang sangat menarik dari hukum yang masih bertahan sekitar 3 abad yang lalu masih mampu menjelaskan gerak gerak sederhana yang ada di sekitar manusia. Hukumnya mencakup kelembaman benda, perubahan gerak yang terjadi pada sebuah benda dan juga hukum sebab akibat yang muncul akibat interaksi antara dua benda atau lebih yang saling memberikan gaya.

Apa itu Kelambaman? Kelambaman adalah kemampuan sebuah benda untuk tetap mempertahankan posisinya. Biasanya ini berlaku untuk benda yang diam atau bedan yang bergerak dengan kecepatan tetap. Seumpamanya ada sebuah benda yang sedang dalam keadaan diam. benda tersebut akan terus diam sampai kapanpun selama tidak ada gaya yang bekerja pada benda atau setiap gaya yang diberikan kepadanya memiliki gaya yang berlawanan arah. Kita ambil sebuah meja yang ada pada lantai kasar. Jika didorong oleh seorang anak kecil dengan sedikit gaya, maka besar gaya akan melawan besar gaya tadi sama besarnya, sehingga meja akan tetap pada posisinya.

Selanjutnya kita bahas mengenai benda yang bergerak. pada kondisi tertentu planet-planet yang mengitari matahari mengikuti hukum newton mengenai kelembaman, jumlah total yang gaya gravitasi dari matahari sama besarnya gaya sentripental yang dimiliki sama besarnya sehingga planet planet dapat berinteraksi dengan baik dan tidak jatuh pada matahari. Penganut hukum ini tentunya percaya bahwa sistem tata surya harusnya dalam keadaan steady stay atau tetap. Kita ambil contoh yang lebih sederhana mengenai kelembaman adalah posisi tubuh pada seorang yang bergerak diatas bis akan mempertahankan keadaan tetap bergerak. Ketika bis direm maka tubuh penumpang akan cenderung terus bergerak ke depan sampai pada akhirnya kita berusaha untuk melawan gerakan itu sendiri.

Hukum Kelambaman

Ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh hukum ini dalam kehidupan sehari hari hari. misalnya ketika seorang pilot yang mencoba menghindari serangan sebuah rudal cerdas yang menuju dirinya. Mesin mungkin saja diciptakan mampu menghindari rudal dengan percepatan yang sangat besar. Akan tetapi daya tahan tubuh sang pilot mengalami perubahan percepatan dapat membuat kesadaran sang pilot hilang dan pada tingkat kritis membuat pembuluh darah pecah dan mengakibatkan kematian. 

Hukum I newton ini juga menjadi yang nantinya menjadi standard kenyaman penerbangan komersil ketika sang pilot melakukan percepatan maximum yang diperbolehkan agar membuat tubuh penumpang melawan gaya dari hukum kelembaman paling besar yang bisa ditolelir untuk kemanyaman tubuh. Hukum satu newton hampir menyentuh segala aspek penciptaan perkakas manusia seperti shockbreaker dan kebuthan akan sabuk pengaman pada saat berkendara.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hukum Newton I dan Pengantar Gerak"

Post a Comment