Apakah Hitam dan Putih itu adalah Warna?

Apakah Hitam dan Putih itu adalah Warna?

Apakah hitam dan putih itu adalah warna bagaimana dengan merah, kuning, dan hijau tampak berbeda di depan mata kita? Mari kita ke pokok permasalahan terlebih dahulu sebelum menjawab pertanyaan yang sedikit nyelutuk ini. 

Mata adalah alat bantu indra manusia yang dapat membuat kita melihat banyak hal. Fungsi dan cara kerja mata sangat erat kaitannya dengan ransangan  yang diberikan panjang gelombang elektromagnetik tertentu mulai dari panjang gelomabang merah (620-760 nm) sampai kewarna Ungu (400-450 nm). jadi hanya mulai dari panjang gelombang 400 sampai dengan 760 nm yang dapat di lihat oleh mata, sedangkan panjang gelombang dibawah dan diatasnya sudah dapat ditangkap oleh mata, seperti infra merah, ultraviolet, radio dan panjang gelombang lainnya.

Warna dasar

Sedikit bertanya mengenai warna. Guru fisika di kelas menjelaskan bahwa warna dasar manusia adalah sebuah Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru dan Ungu sesuai dengan warna pelangi. akan tetapi saya tidak melihat warna pink, coklat dan warna lain didalamnya. dimanakah warna-warna itu muncul? Jawabannya adalah gabungan dari beberapa panjang gelombang cahaya tampak itu sendiri yang menghasilkan warna baru. selain itu faktor intensitas cahaya juga berpengaruh terhadap warna yang dihasilkan.

Untuk menciptakan hampir semua panjang gelombang, paling tidak kita hanya membutuhkan 3 jenis warna dasar yakni Merah, Hijau dan Biru. Kombinasi dari ketiga warna dasar ini mampu untuk 16 juta warna lebih yang didapat kita lihat hasilnya pada layar Televisi anda dan layar laptop. Sekarang apakah anda sendiri yakin dapat memebrikan nama setiap warna tersebut? meskipun demikian pada dasarnya mata manusia dapt membedakan 64 juta warna tanpa harus memberi nya nama terlebih dahulu.

"Kontes pemberian nama warna yang banyak untuk merah: 
Merah, Merah muda, Merah tua, Merah remaja, 
Merah jambu, Merah apel, Merah keputihan, merah kehitaman, 
Mereh kemerahmerahan, merah yang nggak ada merahnya."
Silahkan disusun sampai setiap warna yang anda lihat punya nama

Hitam,-Sekarang kita mengetahui setiap ransangan yang diberikan oleh panjang gelombang tertentu akan menghasilkan membuat otak kita melihat dengan. apakah yang terjadi jika mata manusia tidak mendapatkan ransangan cahaya sedikitpun? Keberadaan tanpa cahaya mata kita akan membuat otak tidak mampu mendefenisikan apapun. Kesan yang muncul dari otak kita hanya gelap dengan kedalaman (bisa juga jarak) yang tak berujung. Hitam muncul karena sebuah kondisi tanpa cahaya atau sebuah benda menyerap seluruh panjang gelombang yang menuju padanya tanpa mengemisikannya sedikit pun. Hukum ini akan berlaku dimanapun anda berada.

"Bijaklah sungguh air putih sangat jauh berbeda dengan air bening, 
jadi mintalah air dengan benar".

Putih, Putih bukanlah warna melainkan kondisi dimana mata kelebihan intensitas cahaya sehingga kelebihan ini disebut putih, warna merah dengan kuat intensitas yang sangat besar akan menghasilkan puti, sedangkan warna dasar yang terurai dan membentuk sebuah pelangi bukanlah putih, melainkan bening. Ingat putih dan bening sangat berbeda. meskipun orang orang di sekitar sering meminta air putih dan yang dia dapatkan adalah air bening. perpaduan antara seluruh warna dapat menghasilkan warna putih atau alih alih bening, ini tergantung kondisinya dan ini juga menyimpulkan jawaban sederhana, hitam bukan lah warna, sedangkan bening terkadang juga putih adalah gabungan dari beberapa warna.

Seni yang mencoba keluar dari sain.
Sedikit ngeyel, akan tetapi guru senin sedikit berbeda penjelasanya mengenai warna ini. Guru seni tetap ngoto untuk menggunakan bahwa hitam adalah campuran semua dan warna dasar adalah Merah, Hijau, dan Kuning. Jadi biru digantikan oleh warna kuning. Saya tidak punya sedikitpun dengan guru seni dikelas, akan tetapi pernytaan hanya akan membuat Newton dan Eistein keluar dari kuburnya untuk sekedar tertawa terbahak-bahak. Realitas yang idapatkan mencapurkan Cet merah dan cet Kuning menghasilkan warna Jingga bukan lah mencampurkan warna, akan tetapi mencampurkan Bahan kimia yang ada pada bahan pewaran itu sendiri, meskipun secara umum campuran ini hampir mirip untuk setiap kondisi.

Menegaskan pernyataan diatas, mari kita mencampurkan Beberapa jenis asam dengan warna bening dan sedikit basah dengan warna bening juga melalui proses titrasi, jika pernyataan mencampurkan tidak akan ada perubahan warna yang terjadi, akan tetapi mencampurkan ini sedikit demi sedikit akan menghasilkan sebuah cairan berwarna magenta, yah mirip-mirip ungu dan merah jambu. Sehingga mencampurkan bahan kimia penyusun zat pewarna tidak selalu menghasilkan kombinasi yang serupa, bergantung dari apa yang terkandung dari zat kimia itu sendiri. 
  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah Hitam dan Putih itu adalah Warna?"

Post a Comment