Mengapa Efek Rumah Kaca Berbahaya Bagi Manusia?

Mengapa Efek Rumah Kaca Berbahaya Bagi Manusia? 

dzargonphysics.blogspot.com. Mengapa Efek Rumah Kaca Berbahaya Bagi Manusia? padahal banyak petani yang menggunakan rumah kaca untuk membantu hasil produksi pertanian. Sebelum arah pembicaraan ini terlalu jauh ngelantur mengenai rumah kaca dan efek rumah kaca, jika tidak dijelaskan dengan baik, saya takut sepatu kaca milik cinderella juga akan terseret dari pertanyaan yang sedikit unik ini.

"mungkin sebenarnya rumah kaca adalah hadiah pangeran untuk 
Cinderella karena sepatu kacanya yang begitu berkilau"

Rumah Kaca atau Greenhouse atau Hothouse.

Rumah kaca atau biasa disebut dengan istilah Greenhouse adalah bangunan yang diselimuti kaca disetiap bagian seperti atap dan dinding. Rumah kaca sendiri digunakan oleh petani bahkan peneliti untuk mempercepat pertumbuhan dan memperbesar jumlah produksi suatu tanaman. 

Cara kerja rumah kaca sangat sederhana, yakni dengan meneruskan gelombang elektromagnetik dari matahari yang dapat merasang pertumbuhan tanaman masuk ke dalam bangunan. Kebanyakan gelombang yang muncul yang datang dari matahari yang jatuh pada lahan pertanian kembali terpantul menuju tempat lain, hanya sebagian kecil dari gelombang ini yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman. Penggunaan kaca sebagai dinding pembatas akan mengurung gelombang elektromagnetik yang masuk. Hal ini menyebabkan gelombang elektromagnetik yang masuk ke dinding bagian dalam rumah kaca tidak dapat keluar dan terpantul kembali di dalam ruangan itu saja. Pemantulan membuat suhu ruangan didalam bangunan menjadi lebih hangat dari suhu di luar dan jika dikontrol dengan baik, ini akan menjadi sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. Rumah kaca juga dapat membantu budidaya tanaman pada negara dengan musim dingin yang lebih panjang karena rumah kaca cukup baik untuk menyimpan kehangatan.

Efek rumah kaca

Efek Rumah Kaca. 

Berebeda dengan rumah kaca, Efek rumah kaca adalah fenomena global yang terjadi pada bumi secara keseluruhan dengan efek yang ditimbulkan mirip pada rumah kaca. Gelombang elektromagnetik sendiri tidak berbahaya bagi kehidupan manusia (kecuali beberapa gelombang tertentu sebut saja Ultraviolet), akan tetapi dampak yang dihasilkan dari gelombang itu sendiri yang paling berbahaya adalah pemanasan global. Seperti yang terjadi pada rumah kaca, efek rumah kaca akan menaikkan suhu rata-rata permukaan bumi sehingga membuat sebagain es yang ada di kutub mencair.

(Bacaan Pembanding dengan: Kebocoran Ozon, untuk membedakan pemanasan global dan kebocoran ozon)

Es di kutub yang mencair akan menaikkan permukaan air laut dan akan banyak dari permukaan daratan yang sangat berpotensi menjadi lahan pertanian dan pemukiman terendam air. Selanjutnya efek domino dari ini bisa anda bayangkan sendiri. Selain dari naiknya permukaan air laut, beberapa peneliti mengungkapkan kemungkinan banyaknya jenis virus dan bakteri baru yang akan berkembang pada kondisi suhu bumi yang meningkat. Virus ini akan berpotensi berbahaya bagi manusia dan belum dapat ditanggulangi karena membutuhkan waktu dan tenaga lebih.  

Kemunculan efek rumah kaca ini diakibatkan oleh lapisan yang terbentuk pada atmosfer bumi yang menghalangi gelombang elektromagnetik keluar dari bumi. Sama seperti pada rumah kaca, hal ini berdampak pada naiknya suhu permukaan bumi. Bedanya adalah jika pada rumah kaca dinding penghala yang digunakan terbuat dari kaca, maka pada bumi yang menjadi penghalang adalah gas rumah kaca. 

Ada banyak jenis gas rumah kaca yang dapat menghalangi keluarnya panas dari bumi, akan tetapi masalah yang paling serius yang dihadapi oleh bumi adalah gas karbon. Konsentrasi karbon berlebih di udara adalah masalah multi penyebab yang belum dapat terselesaikan. Penggunaan bahan bakar fosil yang masih sangat besar dan pengurangan jumlah luas hutan adalah dua hal yang berjalan bersamaan dan ikut menyumbang bertambahnya konsentrasi karbon dioksida pada permukaan bumi. Musuh alami dari karbon itu sendiri hanyalah fotosintesis dari tanaman hijau. Tidak banyak teknologi yang mampu mengambil Karbon di udara dan mengubahnya kedalam bentuk lain tanpa menambah jumlah konsentrasi karbon itu sendiri dari hasil pembakaran mesin. 

Kampanye Go Green adalah kampanye yang paling gecar dilakukan oleh semua negara untuk tetap menjaga bumi tetap dingin. Objek dari kampanye ini tidak lain adalah negara khatulistiwa dengan hutan hujan tropis yang sangat cepat mengisap gas karbon monoksida di udara. Selain itu cara mengurangi pertumbuhan karbon adalah menciptakan teknologi ramah lingkungan seperti teknologi berbasi listrik meskipun saat ini masih berbentuk Hibrid akan tetapi kedepanya Laju pertumbuhan teknologi ramah lingkungan akan menjadi penyelamat hidup umat manusia.

0 Response to "Mengapa Efek Rumah Kaca Berbahaya Bagi Manusia? "

Post a Comment