Mengapa Oli Mesin Harus diganti Secara Berkala?

Mengapa Oli Mesin Harus diganti Secara Berkala?


dzargonphysics.blogspot.com. Mengapa oli mesin harus diganti secara berkala? mungkin akan menjadi pertanyaan yang mungkin diajukan oleh orang-orang yang sedang melaksanakan irit pengeluaran. Ada banyak alasan mengapa kita harus mengganti oli mesin mobil, terutama alasan mengenai tuntutan pihak garansi dan asuransi yang mewajibkan mengganti oli mesin secara berkala dan iklan dari produsen Oli mesin mobil. Apapun alasan itu semuanya ditujukan untuk kenyamanan anda berkendara, alih-alih pihak asuransi menolak klaim anda pada saat mobil anda mendapat masalah mesin karena alasan ini.

Pada dasarnya ada dua kerja yang harus dilakukan oleh mesin yakni: Membakar bahan bakar kemudian merubahnya menjadi energi mekanik yang disalurkan dari kompresi piston yang menggerakkan engkol piston. selanjutnya energi mekanik tercipta dari putaran roda-roda gigi yang ada pada mesin dan dikonversi menjadi putaran roda ban. Putara roda ban tentunya adalah faktor utama yang membawa anda ke dari rumah ke kantor. (Jangan berharap lebih pada artikel ini. Untuk mengetahui bagaimana sistem yang lebih lengkap mengenai mesin mobil, sebaiknya anda mengambil satu atau dua mata kuliah di bidang mesin).

"Bukanya mendukung para produsen oli mesin
akan tetapi apa yang iklan katakan mengenai 
penggantian oli mesin itu benar adanya"

Fungsi oli pada mesin mobil adalah mendinginkan, melumasi dan memindahkan energi panas. Oli mesin akan terus bekerja selama proses pembakaran. Oli mesin masuk di antara celah celah dan mengurangi gesekan yang terjadi pada komponen mesin. fungsi yang berikutnya adalah mendinginkan atau menjaga suhu mesin tetap panas. kelebihan panas yang didapatkan selama proses pembakaran akan terus berlanjut sampai mesin mati. sifat fluida yang menyerap panas dan memindahkan secara konveksi menyebabkan panas terdistribusi merata dan tidak terpusat pada ruang pembakaran saja. fungsi ini sekaligus memindahkan energi panas dan ditambah dengan kerja radiator menambah mesin mobil tetap bekerja dengan optimal.


Pada saat proses sedang berjalan di mesin, oli mesin yang biasanya terbuat dari bahan kimia mineral beberapa jenis diantaranya adalah oli sintesis mengalami pemanasan dari proses pembakaran. beberapa yang terkandung juga ikut berpengaruh secara kimiawi karena mendapat panas dari mesin. Misalnya Karbon aktif , bahan ini akan berikatan dengan dengan oksigen dan membentuk senyawa asam yang bersifat korosif. Tentu saja korosif buruk untuk mesin mobil kesayangan anda. Senyawa asam ini jumlahnya akan bertambah sejalan dengan dengan lama penggunaan oli. sehingga ini menjadi alasan mengapa oli mesin harus diganti secara rutin.

Menggunakan oli mesin pada rentang waktu yang lama dapat berakibat pada ausnya komponen mesin dan mengurangi efesiensi dari kerja mesin mobil. Pada saat ini oli mesin mobil telah beralih dari oli mineral yang diambil langsung dari minyak bumi digantikan menggunakan oli sintesis yang tidak mengandung karbon aktif. Oli mesin sintesi yang terbaik adalah polyester dengan kadar karbon aktif terendah. Selain dari sifat korosif yang ditimbulkan oleh asam,. tingkat kekentalan oli menurun seiring dengan masa penggunaan. Baik oli mineral maupun oli sintesis sama-sama akan menjadi lebih encer dan daya lumasnya berkulang.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Oli Mesin Harus diganti Secara Berkala?"

Post a Comment