Lapisan Ozon menunjukkan Tanda Tanda Penebalan

Lapisan Ozon menunjukkan Tanda Tanda Penebalan


dzargonphysics.blogspot.com. Lapisan ozon adalah lapisan udara yang berada pada ketinggian 19 sampai 48 km diatas permukaan bumi. Lapisan ini terdiri dari molekul-molekul ozon 03. Lapisan ozon terbentuk akibat pengaruh sinar Ultraviolet matahari terhadap molekul oksigen. Selain dari pengaruh sinar Ultraviolet. lapisan ozon juga melindungi bumi dari sinar ultraviolet penyebab kanker.

Konsentrasi lapisan ozon di atsmosfer sangat rentang terhadap gas tertentu, semisal clorin dalam bentuk CFC. Kerusakan lapisan ozon dapat berakibat berbahaya bagi manusia, akan tetapi penelitian terakhir menujukkan tanda-tanda awal dari penebalan setelah bertahun-tahun deplesi, sebuah studi PBB mengatakan. Lubang ozon yang muncul setiap tahun di atas Antartika juga berhenti membesar setiap tahun. 

Laporan itu mengatakan mengambil satu sample dekade sebelum lubang mulai menebal kembali. Para ilmuwan mengatakan pemulihan lapisan ozon adalah hasil kampanye anti penggunaan gas buatan CFC gas menghancurkan ozon. 

cegah kerusakan ozone

Studi ini dipublikasikan oleh para peneliti dari Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dan Program Lingkungan PBB (UNEP). 

"Gerakan Internasional kampanye anti CFC untuk menjaga lapisan ozon adalah Kampanye lingkungan pertama yang sukses. Hasil ini harus mendorong kita untuk kembali bekerja keras mengani kampanye mengenai Global warming dan Perubahan Iklim Global (world Climate changer)" kata Sekretaris Jenderal WMO Michel Jarraud. 

Dr Ken Jucks dari badan antariksa AS NASA mengatakan kepada BBC News bahwa "manusia sudah mulai melakukan hal yang benar dengan tidak menggunakan bahan bahan yang merusak, seperti yang pernah dilakukan sebelum masa revolusi Industri". 

Para ilmuwan tidak yakin belum bahwa lubang akan sembuh sendiri. Prof David Vaughan dari British Antarctic Survey (BAS) mengatakan bahwa hasil tes dari organisasinya akan memberikan tambahan pada temuan WMO. 

Isu Global Warming
Gunung es hanyut di laut di Cierva Cove, di pantai Semenanjung Antartika di Antartika. 17/12/2006 
Terbesar lubang di lapisan ozon di atas Antartika muncul. 
"We have to be a bit cautious, but this does look on the face of it like some very good news," he told BBC News." Data kami sendiri dari Antartika memakan waktu beberapa minggu untuk diproses, tetapi kami berharap memberikan segara informasi terbaru ini. Jika laporan ini benar dan akurat, kita harus segera membuat perjanjian Internasional untuk mencegah Global warming" 

CO2 masih bermasalah 
Kabar baik di ozon datang setelah berita buruk pada gas memicu perubahan iklim. WMO mengatakan pekan ini gas rumah kaca di atmosfer telah mencapai rekor tertinggi. 

Mengatasi gas seperti karbon dioksida (CO2) merupakan masalah utam dalam mengatasi perubahan iklim global ini. Penggunaan bahan bahan yang juga menghasilkan gas carbon harusnya adapt dihindari sama seperti penggunaan CFC.  

Protokol Montreal tahun 1987 mengenai larangan penggunaan bahan kimia pemakan ozon (ozon Layer Eater) termasuk chlorofluorocarbons (CFC) yang banyak sekali digunakan pada pendingin udara, lemari pendingin dan spray semprot, akan mencegah dua juta kasus kanker kulit setiap tahun pada tahun 2030, menurut UNEP. 

Hal ini juga akan membantu mencegah kepuanahan satwa liar, pertanian, kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh. 

WMO mengatakan ozon akan pulih dari kerusakan terbesar yang terjadi  secara besar besaran pada tahun 1980, atau sedikit di Antartika, di mana manusia akan mendapat berbahaya tertinggi setiap tahun antara pertengahan Agustus dan November atau Desember.

Ia mengatakan keberhasilan ini dapat ditingkatkan sebanyak 11 kali pertahun jika stok zat perusak ozon - yang banyak tersimpan di lemari es tua dan pemadam kebakaran - dimusnakan.

0 Response to "Lapisan Ozon menunjukkan Tanda Tanda Penebalan"

Post a Comment