Mengapa Langit Berwarna Biru?

Mengapa Langit Berwarna Biru?


dzargonphysics.blogspot.com. "Mengapa langit berwarna biru?" mungkin adalah pertanyaan yang paling sering kita dengar. baik itu dari anak anak sekolah, sampai beberapa orang yang sedang iseng-iseng memandang dan bertanya pada teman disampingnya. Tidak lengkap juga rasanya membahas beberapa fakta sains tanpa menjawab pertanyaan satu pertanyaan ini. 

Atsmosfer bumi sendiri adalah kumpulan udara yang tembus pandang dan sama sekali tidak memiliki warna. Bisa dibayangkan seberapa pendek jarak pandang manusia jika udara memiliki warna. Hal yang sangat unik terjadi jika kita membayangkan bahwa cahaya adalah sesuatu yang bersifat transparan menurut pengamatan mata langsung.

Beberapa orang berpendapat bahwa warna langit yang berwarna biru adalah pantulan dari samudra yang berwarna biru. Lantas mengapa air samudra yang berwarna biru jika diambil seember tetap bening, tidak peduli diambil dari laut bagian manapun, bahkan dari laut merah sekalipun, air lalut tetap akan bening. 

Sir Isac Newton adalah orang yang pertama mengamati bentuk asli dari cahaya yang tampak yang kita lihat. Sir Isac Newton Mengamati cahaya yang melewati dari sebuah celah. Cahaya ini selanjutnya dilewatkan pada sebuah prisma dan newton mendapatkan warna warna pelangi yang berjumlah tujuh. Entah apa alasan Newton membaginya kedalam tujuh warna padahal antara warna nilai dan ungu sangat susah untuk dibedakan oleh mata. Kemungkinan besar ini bertujuan untuk menyamakan dengan jumlah tangga nada dasar yang berjumlah tujuh juga, Do, re, mi, fa, so, la, dan si. Warna warna ini selanjutnya disebut spektrum, Diambil dari kata Spectra (setan).

Spektrum cahaya


Akan tetapi cahaya yang diamati oleh Newton menunjukkan bahwa sinar tampak sebenarnya gabungan dari banyak sinar warna. Warna ini adalah merah, jingga, kuning, hijau, biru, nilai dan ungu. Fenomena penguraian cahaya ini disebut dengan istilah dispersi cahaya. Masih terdapat dua gelombang cahaya dianatar ketujuh warna tersebut, akan tetapi mata manusia tidak mampu menangkap kedua warna tersebut. dibutuhkan alat bantu khusus untuk mampu melihatnya. Yakni Infra merah dan Ultraviolet.

Ketika Cahaya Matahari menembus Atmosfer bumi, terjadi hamburan cahaya yang terjadi akibat molekul molekul udara pada atmosfer bumi menghasilkan panjang gelombang Biru. Hamburan cahaya matahari ini adalah hamburan Rayleigh. Hamburan elastis Gelombang elektromagnetik yang melalui partikel partikel udara. Hal ini terjadi karena panjang gelombang cahaya lebih panjang dari panjang celah yang dilewati oleh cahaya. Celah celah pada partikel udara lebih kecil dari panjang gelombang matahari sehingga syarat utama difraksi terpenuhi.

Hamburan warna cahaya matahari sebenarnya tidak hanya berwarna biru akan tetapi mulai dari Merah sampai warna biru. akan tetapi hamburan yang paling kuat dari fenomena ini adalah biru. Kekuatan warna biru tidak bertahan sepanjang hari, hampir bergantung pada sudut jatuhnya cahaya matahari ke atmosfer bumi. Pada sore hari menjelang senja, Panjang lintasan yang lebih panjang membuat langit tampak merah dan sedikit Jingga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Langit Berwarna Biru?"

Post a Comment