Apakah yang dimaksud dengan kontinental drift?

Apakah yang dimaksud dengan kontinental drift?


Kontinenatal drift adalah pergeseran lengpeng bumi yang juga menjadi penyebab utam gempa tektonik. Semua makhluk hidup di muka bumi kelihatan hidup diatas lapisan kerak bumi yang sangat kokoh. akan tetapi kenyataan berada pada selembar lempeng yang disebut benua yang terapung di atas cairan panas pada bagian bawah permukaannya. Cairan panas ini disebut Sima.

Dahulu kala, jauh sebelum amerika dan dan afrika terpisah. ada sebuah benua yang maha luas yang disebut Pangaea (semua daratan). Pangaea adalah daratan yang maha luas yang merupakan cikal bakal semua benua yang ada. Bukti yang mendukung Teori ini adalah bentuk benua afrika yang tampak sekrang sangat mirip dengan potongan dari benua amerika. Diperkirakan pembentukan benua hingga saat ini memakan waktu sekita 200 juta tahun.

Kontinental Drift


Perubahan ini terus berlangsung hingga saat ini. Umur manusia sekitar 70 tahun terkadang ada yang mendapat anugrah lebih hingga 100 tahun, sangatlah pendek untuk merasakan langsung perubahan rupa bumi itu sendiri.Lempeng lempeng bumi mengalami pergerakan yang dibuktikan adanya perbedaan medan magnet dari batuan batuan dengan usia yang berbeda.

Perubahan rupa bumi atau pergeseran lempeng itu sendiri terus terjadi hingga sekarang. Pergerakan antar lempeng kedepannya akan menghasilkan benua baru atau juga menyatukan dua benua yang terpisah dengan cara tabrakan sengit antar lempeng dalam waktu yang cukup lama. Jika seorang dari masa depan bisa muncul kemasa kita mungkin dia akan bercerita mengenai perjalanannya yang mengendarai motor dari Washington DC ke shanghai tanpa menggunakan kapal laut ataupun pesawat. itupun jika nama nama kota tersebut belum berubah untuk 100 juta atau 200 juta ke depan.

"Dimasa depan kita tidak lagi membutuhkan pesawat terbang dari 
Washintong DC ke China, Mungkin kita hanya menggunakan 
Bis yang kita tumpangi sehari hari untuk berangkat ke kantor. 
Itupun kalau teknologi manusia 100 juta tahun yang akan datang
tetap menggunakan Bis yang menapak daratan"

Dampak dari pergerakan lempeng itu sendiri sangatlah besar bagi umat manusia. Gempa tecktonik adalah jenis gempa yang paling mengerikan dengan skala yang sangat besar. tidak hanya meruntuhkan bangunan akan tetapi gempa tecktonik mampu menghasilkan gelombang tsunami jika terjadi di dasar laut yang dalam. Baik tsunami maupun gempa yang disebabkan sama merusaknya untuk bangunan yang kita buat dengan megah ini.


0 Response to "Apakah yang dimaksud dengan kontinental drift?"

Post a Comment