Mengapa Warna Pelangi Selalu Indah?

Kenapa Warna Pelangi Begitu Indah? 


dzargonphysics.blogspot.com. Habis hujan terbitlah cerah, tentunya ini hanya berlaku pada siang hari, jangan pernah berharap kejadian akan berlangsung pada malam hari, karena secerah apapun bulan purnama tentunya tidak akan bisa memenuhi harapan difikiran kita mengenai cerahnya sang surya. Tentunya anda bukanlah tipe orang yang berfikiran pelangi adalah tempat turunya bidadari untuk mandi. Karena sekarang tentunya sudah ada toilet.

Fenomena fisika Pelangi

Pada saat hari hujan, Kelembaban udara pada area permukaan bumi dibawah awan hujan sangat tinggi. terdapat banyak air dalam bentuk air yang terbang di sekitar awan rendah. Butiran air yang berbentuk bulat ini jika terkena sinar matahari akan menyebabkan dispersi cahaya yang membagi cahaya polychromatic dari matahari menjadi cahaya monochromatic. Jika cahaya monochromatic dipantulkan oleh butir butir air yang ada di udara pada mata kita yang sehat, maka kita akan dengan sangat kagum melihat lukisan agung alam ini.

Uap air kumpulan dari beberapa partikel yang hampir sejenis dengan partikel udara di sekitarnya, akan tetapi air memiliki kepadatan yang lebih padat dari udara. Kepadatan ini menyebabkan indeks bias yang ada berbeda dengan udara. Jika sudut datang yang muncul pada matahari tepat jatuh pada sudut kritis, ini akan menyebabkan terjadi pemantulan sempurna oleh dinding uap air pada mata kita. Pemantulan ini juga yang bertanggung jawab atas terlihatnya matahari selalu berlawanan arah dengan posisi matahari.

Cahaya putih (sebenarnya warnanya bening, entah siapa yang sepakat warnanya putih sama dengan air putih yang warnanya juga bening) adalah  gabungan dari banyak panjang gelombang cahaya yang hampir ada dalam seluruh spektrum warna. Cahaya ini memiliki panjang gelombang yang berbeda satu sama lain. Sehingga sudut bias yang diberikan oleh medium uap air berbeda antara satu warna dengan warna lainya. Sususuna warna itu hanya dapat dibagi oleh mata kita pada umumnya 16 juta warna akan tetapi kemampuan kita menjelaskan yang lebih sederhana ada tujuh warna. Warna warna tersebut adalah Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nilai dan dan Ungu. Selanjutnya pisahan dari cahaya ini disebut monochromatic, yang terdiri dari satu panjang gelombang warna saja.

Tidak bertanya sih, tapi mengapa terkadang saya melihat pelangi  bersusun?

"mungkin bidadari yang ingin mandi jumlahnya lebih banyak dari biasanya, 
atau kayangan sedang ada pesta penyambutan, Jadi bersiaplah"

Pelangi dua susun biasanya muncul pada sore hari dengan sudut matahari yang sudah terlampau jauh mendekati tengelam. Tentu saja penyebab terjadinya pelangi yang bersusun dua adalah akibat ulah uap yang lagi lagi memantulkan cahaya monochromatic ke mata kita. 


Jika uap air yang memantulkan cahaya cukup besar, meskipun tidak sebesar apel bahkan biji apel. Sinar datang yang masuk melalui permukaan uap air yang hampir membentuk permukaan bola sempurna terkdanga akan terpantul sebanyak dua kali sebelum akhirnya masuk kemata kita. Pantulan kedua ini tentunya akan berakibat pada berkurangnya intensitas cahaya yang dipantulkan. Akibatnya pada dua susun pelangi akan terlihat satu pelangi yang terang dan sisanya sangat lemah bahkan kadang tak terlihat oleh mata. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Warna Pelangi Selalu Indah?"

Post a Comment