Apasih yang dimaksud satu tahun cahaya?

Apasih yang dimaksud satu tahun cahaya?


dzargonphysics.blogspot.com. Ketika saya membaca sebuah jurnal atau artikel mengenai galaksi yang sangat luar biasa saya sering menemukan banyak istilah yang membingungkan. Hal membingungkan yang menurut saya aneh adalah sejak kapan fisikawan memberikan ukuran jarak dalam satuan waktu? Misalnya jarak sebuah bintang raksasa besar 25 juta tahun cahaya dari bumi. Mengapa ini tidak dijawab dalam satuan waktu saja agar tidak membingungkan pembaca awam fisika seperti saya.


Sebelum menjawab, saya ingin memberikan gambaran sederhana mengenai jumlah keuangan anda, jika seseorang teman dengan jumlah tabungan 1.000.000, rupiah sangat mudah menyebutnya dengan bahasa sederhana yakni satu juta rupiah, akan tetapi bagaimana jika teman anda memiliki kekayaan dalam 1.000.000.000.000.000.000, sungguh sangat aneh jika menyebutnya kedalam angka satu milliyar milliyar atau satu juta trillium, dibutuhkan seusatu yang lebih baik untuk mewakili angka tersebut.

"Tentu sangat tidak bijak jika kita menjawab berat badan saya adalah 55 kg, 
karena kilogram adalah satuan dari massa dan berat sendiri memiliki satuan Newton." 

Berbeda dengan fisika, segala besaran harus disebutkan dalam satuan yang benar dan telah disepakati di seluruh dunia. Satuan ini guna menyamakan presepsi mengenai kuantitas dari suatu besaran. Jarak sendiri dinyatakan dalam satuan jarak yakni meter atau mill meskipun ada banyak satuan lain yang dapat mewakili jarak semisal, inci, kaki, depa, hasta, jengkal bahkan sampai yang paling parah satu rumah dari sini atau  blok dari sini, itu semua adalah satuan yang mewakili besaran jarak.

Waktu secara sederhana adalah kuantitas yang dimiliki untuk menyatakan lama tidak sesuatu atau jeda antara dua kejadian, misalnya seberapa lama saya harus menunggu artikel terbaru ini muncul lagi adalah selang antara saya menunggu hingga artikel berikutnya terbit. jadi adalah hal yang tabu dan sangat aneh ketika saya mengatakan tinggi saya 145 kg. Lantas kapan fisikawan ini merusak kesepakatannya sendiri?

Satu cahaya sebenarnya adalah satuan jarak yang digunakan untuk memudahkan menyebutkan angka pada bintang yang sangat jauh. Satuan cahaya didasari oleh kecepatan cahaya sebgai gelombang electromagnetik sekitar 300.000.000 meter setiap detiknya. Jadi dalam dua detik berikutnya cahaya akan berpindah sejauh 600.000.000 meter. Jarak dari matahari ke bumi rata-rata 150 juta km, jika dinyatakan dalam kecepatan cahaya dikonversi menjadi 8,15 menit agar cahaya menempuh jarak tersebut. 

"Meskipun demikian anda tidak perlu mengisi 
biodata tinggi badan anda dengan angka 0,000000000000000000031 tahun cahaya,
selain membuat bingung pemeriksa, sungguh ini sangat menjengkelkan" 

Secara matematis satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh gelombang cahaya selama satu tahun atau dalam angaka sekitar 5.676.548.000.000.000.000, saya mohon jangan moncoba membacanya karena saya lebih memilih untuk menyebutnya satu tahun cahaya daripada menyebutnya dalam angka-angka tersebut. Sehingga para ilmuwan tidak perlu membuat anda bingung untuk menceritakan sebuah bintang dengan jarak yang sangat jauh jauh jauh jauh sekali sekitar 25 juta tahun cahaya dengan angka nol yang mungkin lebih banyak dari jumlah tabungan seluruh umat manusia di dunia.

0 Response to "Apasih yang dimaksud satu tahun cahaya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel